Cara Mendesain Kamar Tidur Utama


Selain mempertimbangkan agar rumah terasa sejuk alami danmerancang teras agar rumah terlihat cantik dan indah, dalammerancangbangun sebuah rumah, pertimbangkan pula untuk menyediakan ruang sebagai kamar tidur utama, karena kamar tidur utama adalah kamar peraduan suami istri yang sangat spesial. Karena keutamaannya itulah, buatlah desain kamar tidur utama seindah dan senyaman mungkin. Kehidupan suami istri yang harus selalu dipupuk dengan baik agar selalu romantis, membutuhkan kenyamanan, kedamaian, dan privasi tersendiri. Inspirasi kamar hotel bisa dijadikan ide mendesain kamar tidur utama. Selain tema desain, anda juga harus mempertimbangkan letak dan luas kamar tidur utama, sehingga tidak hanya indah dipandang, namun juga nyaman ditempati. Inspirasi berikut bisa anda pertimbangkan dalam membuat desain kamar tidur utama rumah anda. 
Jangan di Depan 
Letakkan kamar tidur utama di bagian tengah atau belakang. Jangan di bagian depan bila tidak mempunyai taman yang indah dan sejuk di halaman depan. Kamar tidur utama seperti juga kamar tidur lainnya membutuhkan sirkulasi udara yang bagus. Hal ini untuk mendukung keseimbangan emosi penghuni kamar. 

Seperti kamar tidur hotel kelas deluxe atau suite yang terasa cukup lapang, bila mempunyai tanah cukup luas, maka buatlah kamar tidur utama sebesar minimal 5×4 atau 5×5 meter persegi. Perbanyak bukaan dengan membuat taman di dalam kamar yang dibatasi jendela kaca. Kamar mandi dibuat semodern mungkin dengan drainase yang baik sehingga tidak membuat pencemaran bau. Plafond dibuat agak tinggi minimal 4 meter. 

Tema Desain Kamar Tidur Utama 
Beberapa tema berikut bisa menjadi pilihan dalam membuat desain kamar tidur utama rumah anda : 
A. Tradisional 
Sebagaimana hotel sekarang yang banyak membuat kamar tidur dengan tema unik, dari yang tradisional hingga yang super modern, buatlah desain kamar tidur utama Anda mempunyai tema. Misalnya, tema tradisional Dayak. 
Hutan Kalimantan yang lebat dapat dihadirkan dengan cat berwarna hijau pupus, abu-abu, dan coklat. Untuk lebih menarik, pakailah wallpaper dengan mutu yang baik. Anda juga bisa menggunakan tempat tidur ayun. Keunikan tempat tidur ayun akan menambah kemesraan suami istri. Anda akan merasa tidur di alam terbuka yang sebegitu alami. 
B. Eksotik dan Nyentrik
Bagi yang menyukai hal-hal eksotik dan sedikit nyentrik, buatlah kamar tidur seperti di rumah pohon. Letakkan kamar tidur utama di lantai dua. Akan lebih menarik lagi kalau di dekat kamar tidur utama itu tumbuh pohon besar sehingga akan semakin mengukuhkan keberadaan kamar tidur pohon. 
Kamar tidur seperti ini sangat cocok bila didirikan di tepian danau atau di wilayah pegunungan. Udara pagi yang segar akan segera menyapa Anda. Bila perlu rembulan dan bintang pun dapat disaksikan dari tempat tidur. Keromantisan waktu berdua akan semakin syahdu.
Untuk mendapatkan rasa tradisional, lapisi salah satu sudut kamar dengan gedeg dan lantai tempat tidur terbuat dari papan Parkit. Lalu nuansa modernitasnya dihadirkan dengan menggunakan warna cat yang agak berani, semisal merah maroon dan pemakaian tempat tidur yang sedikit berkualitas.
Letakan tempat tidur di tengah kamar. Lalu meja hias dan lemari besar berpintu 6, di sisi depan. Bila perlu tidak harus memakai lemari pakaian yang besar tapi gantilah dengan walking wardrobe ala kamar tidur orang Amerika. Keberadaan walking wardrobe ini akan membuat kamar tidur semakin lega. 

Nah, tema desain yang mana yang menjadi pilihan anda? Tentunya tergantung tema dasar rumah anda dan selera masing-masing. Alangkah baiknya bila sebelum membangun anda konsultasikan terlebih dahulu dengan arsitek anda, baru kemudian anda serahkan pekerjaannya kepada pihak kontraktor. Jangan lupa, setelah rumah berdiri dan siap huni, anda juga mesti melakukan penataan isi agar rumah anda terlihat cantik luar dan dalam. 

developerdankontraktor.blogspot.co.id

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose