Cara Mengusir Aroma Cat Baru dan Memilih WarnaCat Rumah

Mengenal Jenis Cat Rumah

Warna emas untuk eksterior, memberi kesan mewah
Tanpa dekorasi cat, rumah akan terasa kaku dan hambar, bahkan terkesan dingin (seperti candi). Warna warni cat akan menciptakan keindahan tersendiri bagi hunian anda (baca : Tips Memilih Warna Cat Rumah). Ingat, kenyamanan dan suasana rumah sering kali mampu membangkitkan suasana hati atau mood seseorang. Salah satu faktor yang bisa menentukan kenyamanan rumah adalah permainan dekorasi pada interior, termasuk di dalamnya cat atau warna pada dinding ruang. Nah, sebelum Anda me"warnai" rumah anda, saya akan mengajak anda untuk terlebih dahulu mengenal aneka jenis cat yang bisa Anda aplikasikan untuk rumah anda.
Umumnya, rumah dibikin dari beton dan kayu (kecuali kalau Anda tinggal di rumah batu.. hehhe..). Jangan sampai salah memilih cat, ada cat khusus untuk kayu dan ada cat khusus untuk tembok beton. Ada ragam jenis cat kayu, begitu pula cat tembok beton. Simak artikel ini sampai tuntas.

A. Cat Kayu
Secara garis besar cat kayu dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu cat solid, cat transparan, dan cat efek khusus. Banyak orang sering salah kaprah menyebut istilah pelitur dengan cat kayu atau meni kayu. Padahal pelitur hanya sebagian saja dari beragam jenis cat kayu.
1. Cat Solid 
Cat ini oleh sebagian produsen disebut opaque finish. Pigmen yang terkandung di dalam cat mampu menyebar dan menutupi seluruh permukaan kayu. Untuk kayu yang teksturnya tidak menarik atau terdapat cacat di sana sini, cat jenis ini mampu menutupi dan menyembunyikan cacat kayu dengan sempurna.
Ada dua jenis cat solid yaitu cat duco dan cat minyak (sintetik). Cat duco banyak dipakai untuk otomotif tetapi dapat juga diaplikasikan pada kayu. Cat ini memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, namun harga cat jenis ini relatif mahal dan harus menggunakan alat penyemprot untuk mendapatkan hasil optimal. Sementara cat jenis minyak/sintetik dapat diaplikasikan dengan kuas dan harganya pun murah. 
2. Cat Transparan 
Sesuai namanya, cat ini tidak menutup permukaan kayu secara rapat. Warna alami kayu tetap dipertahankan dan serat maupun teksturnya tetap terlihat. Bila Anda memakai kayu yang serat maupun teksturnya unik, cat jenis ini sangat cocok untuk menampilkan keunikan tersebut. Salah satu jenis cat transparan untuk kebutuhan eksterior adalah pelitur. 
3. Cat Efek Khusus
Selain kedua jenis cat diatas, ada cat yang dapat memberikan efek khusus. Hasil pengamplikasian cat jenis ini menghasilkan efek seperti tekstur granit, kesan antik, retak-retak, bahkan besi tempa. 

B. Cat Tembok
Cat tembok yang bisa digunakan untuk mengecat dinding rumah ada 2 macam yaitu cat tembok untuk interior dan cat tembok untuk eksterior. 
1. Cat Eksterior
Cat jenis ini untuk bagian luar rumah, digunakan sebagai perlindungan terhadap hujan dan sinar matahari, di samping memberi aspek estetika pada tembok dan juga berfungsi melindungi tembok dari cuaca.
Terpaan sinar matahari dan hujan serta perubahan suhu akibat perubahan cuaca membuat tembok luar cepat mengalami kerusakan,misalnya retak-retakakibat proses pemuaian dan penyusutan. Dibutuhkan cat tembok yang bersifat fleksibel atau berbahan lateks acrillic.
Selain itu, terpaan polusi asap kendaraan sangat mempengaruhi durasi kecemerlangan cat. Untuk itu dperlukan cat eksterior yang tahan terhadap cuaca dan polusi serta memiliki daya tahan yang baik.
2. Cat Interior
Cat interior digunakan untuk mengecat bagian dalam rumah. Jenis cat ini dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Jenis cat ini juga mudah dibersihkan jika ada noda/kotoran sehingga mudah dalam perawatan dan berbahan dasar air (water based). 

Oh ya, dilihat dari tingkat kilapnya, biasanya cat tembok berbahan dasar air dapat dibedakan menjadi 2 yaitu doff dan semi kilap. Pilihlah jenis cat tembok yang sesuai, jika Anda akan mengecat bagian eksterior, gunakan cat khusus untuk eksterior dan sebaliknya pilihlah cat tembok interior untuk mengecat bagian interior rumah Anda.

Tips Mengusir Aroma Cat Baru

Rumah baru catnya juga baru. Ga mungkin rumah baru dibangun catnya udah lama, kecuali bahannya dari hasil daur ulang. Bahkan rumah lama pun bisa juga catnya baru. Ya kan..? Yang jadi masalah, biasanya cat baru ada aromanya dan terkadang kurang disukai oleh kita-kita (kecuali Anda penggemar bau cat). Bagaimana cara mengusirnya..?? Sayangnya aroma cat bukanlah sejenis hewan yang bisa diusir dengan suara atau gerakan. Mengusir aroma cat tidak bisa dengan hanya mengucap kata, “Hus.. Pergi sana..!!”. Mengusir aroma dari rumah harus dengan aroma pula.. Nah lho..!! Kalau begitu beli saja pengharum ruangan guna mengusir bau cat dari rumah..! Kalau cuman itu semua orang kayaknya udah pada tau. Kita maksudkan disini mengusir bau dengan cara hemat dan tidak membahayakan oksigen alias ramah lingkungan. Bagaimana caranya..? Kan sayang rumah cantik dan indah tapi aromanya ga sedap.. Coba yang berikut ini :

1. Bila ruangan anda baru dicat dan aromanya masih tercium kuat, coba letakkan beberapa mangkuk berisi air dan garam. Tunggu beberapa jam (boleh saja menunggu diluar.. hehehe) aroma cat baru akan pergi dengan sendirinya. 

2. Cara lainnya adalah dengan menggunakan bawang bombay.. Kok bisa..?? Coba aja, potong kecil-kecil lalu masukkan kedalam mulut, itu bukan mengusir bau namanya.. hehehe... Kalau untuk mengusir aroma cat, cukup potong menjadi dua bagian, kemudian masukkan kedalam wadah besar berisi air. Taruh wadah yang berisi potongan bawang bombay tersebut dalam ruangan yang baru dicat. Insya Allah akan mampu mengusir aroma cat baru. 

3. Cara selanjutnya adalah dengan meletakkan seember besar air yang sudah dicampur dengan satu sendok cairan amoniak dalam ruangan yang beraroma cat baru. Diamkan selama satu malam (suruh nginap). Besoknya lihat, siapa yang terusir, air seember atau aroma catnya. Hehehe.. 

4. Punya bawang putih..? Itu lho saudara tiri bawang merah. Nah, bawang putih yang baik hati juga bisa mengusir aroma cat baru lho.. Caranya, gantungkan bawang putih di depan kipas angin, arahkan ke dinding yang baru dicat. Bawang putih cukup sakti untuk mengusir aroma cat baru dari ruangan anda. 

5. Kalau empat cara diatas masih belum mampu mengusir aroma cat baru rumah anda, jangan salahkan saya, tapi salahkan diri Anda, kenapa memilih cat yang aromanya nempel terus... Hehehe... atau seret ke pengadilan agama, minta ceraikan antara cat dengan aromanya.. (emangnya bisa.. :-P). 

Tips Memilih Warna Cat Rumah

Bingung memilih warna cat rumah? Mungkin.. Karena tidak seperti zaman behuela, dipasaran sekarang ada banyak ragam varian warna cat yang bisa diaplikasikan pada rumah kita. Seni pengecatan pun sudah semakin berani. Kalau dahulu orang lebih suka memilih warna cat seragam pada tiap bagan rumahnya, sekarang sudah tidak lagi. Variasi warna cat bisa menjadi sebuah keindahan tersendiri bagi hunian kita dan keluarga. Memang tidak bisa kita pungkiri, sentuhan warna cat pada rumah bisa membuatnya tampak lebih hidup, cantik dan elegan, tergantung padanan warna yang kita pilih. Diantara aneka varian warna cat yang ditawarkan produsen, semuanya mempunyai efek tersendiri yang akan dirasakan oleh anda sebagai pemilik rumah maupun tamu yang bersilaturrahmi. Perlu dicatat, paduan warna yang tidak serasi akan memberikan efek minus pada tampilan dan view rumah. Jadi, sebelum anda memutuskan warna cat apa yang akan kuaskan pada ruangan dalam rumah anda, simak dulu sampai tuntas artikel ini.
Bila anda menginginkan kesan luas pada ruangan anda, anda bisa memilih warna (keramik) lantai berwarna gelap kemudian menguaskan warna muda (pucat) pada dinding plafond. Bisa juga sebaliknya, memberi warna gelap pada plafond dan warna terang pada dinding. But, pada yang terakhir akan membuat ruang anda terkesan rendah.efek luas yang dilihat terasa rendah 
Pewarnaan gelap pada plafond, dinding dan keramik akan membuat bentuk ruang serasa “hilang”. Sebaliknya, bagi anda yang menginginkan ruangan terkesan lega dan bersih, kuaskan cat warna terang dan pucat pada semua sisi bidang, baik dinding maupun plafond. Demikian pula warna keramik, pilih yang berwarna terang. 
Bila anda menggunakan warna cerah untuk lantai dan dinding belakang, kemudian warna gelap untuk dinding kanan dan kiri serta plafond, maka efek yang tercipta adalah ruangan anda serasa “lorong”. 
Pemakaian warna cerah pada lantai dan sisi kanan kiri dinding kemudian warna gelap pada dinding belakang akan mengesankan ruangan lebih pendek. 
Sentuhan warna gelap pada lantai dan dinding kanan kiri, kemudian warna cerah pada plafond akan memberikan efek besement pada rumah. 
Bila lantai, dinding belakang dan plafond dicat dengan warna terang, sementara dinding kanan kiri diberi warna gelap, maka efeknya ruangan akan terkesan tinggi memanjang. Karena bila lantai dan plafond berwarna terang, sedangkan semua dinding berwarna gelap, kesannya akan mempertegas bidang horizontal. 
So, kolaborasi apapun yang dipilih, semuanya kembali kepada selera masing-masing. But, perlu dicatat, pemilihan kualitas dan warna cat yang digunakan juga berperan besar dalam menentukan keindahan rumah anda. Jangan lupa, baca artikel kami (klik) "Mengenal Jenis Cat Rumah".
Lengkapi pula referensi anda tentang rumah dengan membaca (klik) :

developerdankontraktor.blogspot.co.id

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose