Membuat Rencana Taman Rumah


Taman Depan Jendela Rumah
Selain untuk keindahan, taman rumah berfungsi sebagai penyejuk dan pembersih udara. Apalagi saat ini dimana udara telah tercemar polusi dan panas matahari semakin meningkat (global warming). Merencanakan untuk memiliki taman rumah perlu anda lakukan, agar kenyamanan dan kesehatan keluarga anda tidak terganggu. Biar bagaimanapun sibuknya anda, toh pada akhirnya anda akan pulang ke rumah. Jangan sampai rumah bukannya membuat anda fresh dan rileks, malah menambah stress dan gerah karena suasana dan viewnya yang jelek. Rencanakan dan anggarkan untuk membuat taman pada lingkungan rumah anda.
Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum membuat taman. Tentunya ini berpengaruh pada anggaran yang akan anda keluarkan. Antara lain :
1. Luas Taman 
Semakin luas area taman yang anda rencanakan, tentunya semakin tinggi biaya yang diperlukan. Jadi pertimbangkan dengan matang berapa luas taman rumah yang anda butuhkan dan terjangkau anggarannya. 

2. Tema dan Tipe Taman 
Semakin rumit tipe taman semakin mahal pula biayanya. Penting juga untuk memperhatikan apakah tema taman yang anda inginkan sesuai dengan tema rumah anda. Kalau rumah anda bertemakan minimalis sebaiknya taman anda juga bertema minimalis. 

3. Rencana Kerja
Sebelum membuat rencana kerja, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan yang ahli dibidangnya. Atau kalau ingin praktis, anda bisa menunjuk seorang ahli taman untuk membuat rencana kerja taman rumah anda. 

4. Jenis Tanaman 
Jangan abaikan untuk menentukan jenis tanaman yang akan anda tanam di taman rumah. Hal ini berpengaruh besar pada anggaran baya. Harga dan kemudahan dalam perawatan penting untuk anda perhatikan. 

5. Penggunaan Bahan Material 
Karena berada diluar ruangan, pilihlah material yang tahan segala cuaca. Juga dengan kondisi lingkungan. 

6. Biaya Pemeliharaan 
Jangan hanya memperhitungkan biaya pembuatan, tapi perhitungkan pula berapa biaya perawatan jangka panjangnya. Sesuaikan dengan budget yang anda siapkan. 

7. Pengerjaan
Tentukan, apakah taman itu akan anda buat sendiri, dalam artian anda hanya menunjuk tukang untuk mengerjakannya, ataukah ada serahkan kepada kontraktor (pemborong). Kalau anda punya banyak waktu, mengerjakan sendiri akan menghemat biaya yang anda keluarkan. Namun, jika anda sibuk tak ada salahnya menunjuk kontraktor, tentunya yang sudah anda percayai kredibilitasnya. 

Oh ya, kalau anda ingin membuat sendiri taman rumah anda, jangan lupa untuk melakukan survei harga bahan dan tanaman yang diperlukan. Buatlah perbandingan harga, jangan hanya terfokus pada satu penjual. Supaya lebih hemat, belilah tanaman yang masih kecil, toh nanti dia akan tumbuh dan membesar, tentunya dengan perawatan yang baik dan benar. Jangan membeli secara berlebihan, belilah yang benar-benar anda perlukan. 

Untuk mendapatkan rumah yang benar-benar sejuk alami, baca pulaTips Membangun Rumah Sejuk Alami.

developerdankontraktor.blogspot.co.id

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose