Tips Trik Membuat Sudut Dinding Tembok Rapi dan Presisi


Butuh ketelitian dan kesabaran tukang untuk menghasilkan sebuah elemen yang rapi. Kerja yang serabutan atau asal-asalan menjadikan acian dinding acak-acakan, bergelombang atau tidak lurus. Yang demikian ini akan terlihat jelas pada sudut pertemuan antara dua dinding.
Seringkali kita menemukan rumah besar dan megah namun ternyata pengerjaannya tidak rapi. Pada permukaan dinding terlihat bergelombang, sudut tidak tegas dan tajam. Pesona rumah pun akhirnya berkurang. Jadi, jangan sembarangan dalam membangun rumah, harus benar-benar telaten dalam pengerjaan.

Nah, guna menghindari hal itu, trik ini dapat anda lakukan ketika acian telah sampai pada ujung sudut pertemuan dua dinding. silahkan simak, trik berikut!

1. Tentukan sudut tembok yang akan pertemukan dua sisi plesteran dinidng dengan cara menarik benang dari atas kebawah.
2. Pasang triplek pada satu sisi dinding dan bagian ujung triplek bertemu pada benang yang telah ditarik.
3. Plester sisi dinding yang kosong sebatas tripleks.
4. Setelah kering, tempatkan tripleks pembentuk sudut itu pada sisi lainnya. Lalu plester sisi itu agar plesteran semen bertemu dengan ujung plesteran yang telah kering.
5. Rapikan ujung sudut pertemuan dinding itu dengan acian atau cairan semen dengan menggunakan sendok semen kecil dari bahan tripleks. Dinding pun tampil rapi dan estetis.

Selain itu....

1. Agar hasilnya maksimal dan plesteran benar-benar kering. Biarkan tripleks cetakkan selama satu hari.
2. Setelah kering, pindahkan cetakkan tripleks pada satu sisi lainnya. Ini agar sudut plesteran tembok dapat bertemu dengan manis.
3. Gunakkan tripleks pada bagian lurus tanpa potomgan, sehingga cetakkan rapi.
4. Untuk memperbaiki tembok yang sudah ada, anda dapat langsung merapikannya dengan mengaci, jika permukaan sudut terlalu berlubang dan tidak lurus, ada baiknya dibuat lagi dari awal.
5. Sebaiknya gunakkan tripleks 6mm ke atas semakin tebal, semakin baik. tripleks tebal memiliki bentuk garis ujung papan yang lurus dan tidak cepat rusak ketika dipakai dan dibuka kembali.
6. Jika sudut dinding berlubang lebih dari 1cm, lakukan perbaikan dari awal karena akan sulit jika hanya ditutup acian.
7. Mengingat ini pekerjaan halus, pilih tukang yang telaten. Atau kalau ingin lebih gampang, serahkan pada kontraktor yang terpercaya.

developerdankontraktor.blogspot.co.id

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose