Cara Membuat Lubang Floor drain pada PANEL LANTAI AAC



Setelah panel lantai AAC terpasang untuk area kamar mandi ataupun balkon akan memerlukan lubang untuk pemasangan pipa sebagai tempat untuk buangan air / floor drain. Pekerjaan pembuatan lubang tersebut tidak bisa dikerjakan sembarangan untuk mencegah rusaknya panel lantai yang telah terpasang, oleh karena itu kita perlu mengetahui tehnik atau metode untuk membuat lubang pada lantai yang menggunakan panel lantai AAC.
Untuk membuat lubang pada panel lantai AAC yang telah terpasang pertama-tama kita buat garis bantu atau mall dengan menggunakan pipa yg akan kita pasang pada panel lantai AAC. Diameter lubang harus sesuai dengan diameter pipa yang akan kita pasang. Standart untuk pembuatan lubang pada panel lantai adalah 1/3 dari lebar panel lantai yaitu tidak boleh lebih dari 20 cm.


Langkah berikutnya kita bor-bor secara berdekatan di dalam area garis bantu yang kita buat sebelumnya.

Kemudian setelah pengeboran dirasa sudah cukup kita menggunakan pahat untuk menghilangkan daging dari panel lantai AAC yang akan kita buat lubang sampai rata dan lubang sudah sesuai dengan diameter pipa.


Setelah panel lantai habis terpahat pasti terlihat besi tulangan dari panel lantai AAC, untuk memotong besi tulangan tersebut kita menggunakan gergaji besi.


Setelah semua besi terpotong baru pipa bisa dipasang di lubang yang kita buat, untuk pertemuan antara tepi lubang dengan pipa kita berikan fiber tape.

Ketika telah terpasang semua kita tutup permukaan fiber tape dengan Grouting untuk sambungan dan waterproofing.
Untuk metode lain kita dapat menggunakan Cor Drill yaitu alat untuk membuat lubang di beton, memang cara ini lebih mudah dan cepat, tetapi alat tersebut memerlukan budget yang tidak sedikit untuk membelinya.
Setelah selesai pekerjaan waterproofing panel lantai AAC siap untuk di pasang keramik atau Screed.

panellantai.biz.id

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose