Membuat PANEL LANTAI CITICON Sebagai Expose Plafon



panel lantai

Meski terkesan mudah dan sederhana, hasil pengacian pada panel lantai tidaklah semudah yang kita kira. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kita harus memperhatikan proses-nya langkah demi langkah dengan cermat.

Poin pertama acian panel lantai  yang harus kita perhatikan adalah permukaan panel lantai yang akan kita aci. Aplikasi acian sangat tergantung dari permukaan panel lantai terutama pada sambungan, sebaiknya sebelum aplikasi sambungan panel lantai di rapikan dahulu terutama pada bagian yang rusak (gompal) agar di repair dengan  perekat bata ringan / panel lantai. Permukaan panel lantai harus rata / level sehingga akan menghemat bahan acian.

Untuk itu sebelum dilakukan acian, Repair (perbaikan) panel harus kering dan tidak terjadi lagi penyusutan. Seharusnya acian panel lantai dilakukan pada setelah perbaikan panel lantai berumur 1 hari. Apabila acian terlalu cepat dilakukan maka dapat menimbulkan retak pada acian.

pasang panel lantai AACSebelum melakukan acian, basahi dulu permukaan panel lantai dengan air. Hal tersebut penting untuk menghindari agar acian Mortar  tidak terlalu cepat kering. Semen mortar sangat membutuhkan air untuk proses hidrasi. Jika acian terlalu cepat kering maka hasil acian akan lunak dan permukaan acian akan berdebu.

Apabila waktu yang dibutuhkan dari selesai penghamparan acian sampai acian dapat dipoles sekitar 20-30 menit.
Tebal acian juga mempengaruhi kulitas hasilnya. Tebal acian seharusnya adalah 2-3 mm. Jika kurang dari 2 mm akan mengering terlalu cepat. Apabila lapisan pertama kurang dari 2 mm maka sebelum lapis pertama tersebut kering harus dilakukan lapis berikutnya sampai minimal 2 mm.

Apabila pada panel lantai terdapat banyak lubang maka satu hari sebelum dilakukan acian, lubang – lubang tersebut harus ditutup dengan perekat bata ringan / panel lantai. Apabila tebal acian lebih dari 3 mm, maka harus dilakukan dua lapis. Biarkan lapisan pertama kering selama beberapa hari baru dilakukan lapisan berikutnya.

Untuk Hasil lebih baik bisa juga menggunakan bahan compoun untuk plafon gypsum, 

Cara mengcompound sambungan pada dengan bahan compun plafon gypsum sebagai berikut: 

Perbandingan dengan air adalah 1:2.
Tuangkan Joint Cornice Compound sedikit demi sedikit ke dalam air, pastikan bercampur dengan baik. Aduklah pada komposisi yang tepat, untuk penggunaan, jangan lebih dari 15 menit, atau akan mengeras.


1. Lapisan pertama : Berilah adukan tadi pada nat sambungan lalu tempelkan cotton tape / perban ,fungsinya sebagai penahan retak. Kemudian ratakan dengan adukan dengan menggunakan kape/ srap.

2.Lapisan kedua : Lanjutkan dengan memberikan adukan pada sambungan, hingga merata dan halus dengan menggunakan kape/ srap, dan tunggu hingga kering. Bersihkan/ ratakan dengan kape.


3.Lapisan ketiga : Lanjutkan untuk lapisan ketiga dengan adukan tipis merata dan halus sekitar 30-40 cm dengan menggunakan trowel. Tunggulah sampai kering kemudian amplas. Panel lantai siap dicat.

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose