Cara Pemakaian Keramik lantai ( UZIN BOND FLOOR )


Metode Kerja
Pemakaian Bahan Tile Adhesive UZIN

1. Petunjuk Pemakaian Keramik lantai ( UZIN BOND FLOOR )
 Bersihkan permukaan screed lantai dari kotoran dan debu / bahan yang mengandung minyak dengan menggunakan sapu ijuk/kuas/kape/sikat kawat dll.
  • Dampak :             Bila Permukaan screeding tidak dibersihkan,maka kemungkinan yang akan terjadi adalah material    Uzin Bond Floor tidak sepenuhnyamelekat pada permukaan subtrate


2. Siapkan keramik yang akan dipasang sebagai kepalaan.

3. Buat adukan Uzin Bond Floor untuk pasangan keramik lantai.
  • Dampak :             Buatlah adukan Uzin Bond Floor dengan komposisi air 24% dari bahan adukan kering yang akan dipergunakan. Bila hal tersebut tidak diperhatikan maka hasil yang didapat sering kali mengalami kegagalan pada saat dilakukan pengetesan (jika air >24%, indikasi lebih encer dari standart yang disarankan) daya rekat lebih lemah atau rendah dan (jika air <24%, aplikasi dilapangan / saat tukang bekerja mengalami kesulitan).


4.  Buat adukan Uzin Bond Floor untuk pemasangan kepalaan keramik lantai diatas permukaan Screed lantai.

5. Siapkan keramik yang akan dipasang sebagai kepalaan.

6. Jangan merendam keramik dalam air, dengan menggunakan Uzin Bond Floor keramik siap dipasang tanpa harus direndam ke dalam air.
  • Dampak :             dengan merendam keramik, artinya membuat keramik menjadi jenuh dengan air. Sehingga perekat (air dari adukan Bond Floor yang diharapkan semestinya meresap kebagian belakang permukaan keramik). Tidak bisa merekat dengan maksimal serta setting-an jadi lebih lama.


7. Bila pada saat pemasangan di Uzin Bond Floor dan keramik direndam kedalam air maka paada saat pemasangan, material Uzin Bond Floor proses pengeringannya akan menjadi lama.

8. Selanjutnya pakai material Uzin Bond Floor dengan alat Roskam bergerigi.
  • Dampak :             dengan tidak menggunakan alat raskam gigi, sama artiya member peluang pemasangan keramik tidak maksimal dan rawan terhadap keramik popping dikemudian hari, dikarenakan permukaan keramik bagian belakang yang semestinya melekat dengan bahan Uzin Bond Floor secara menyeluruh, namun karena tidak menggunakan raskam bergigi, maka ada kemungkinan keramik yang tidak terisi dengan perekat.


9. Pemasangan perekat idealnya dilakukan dengan ketebalan 3 mm, waktu pemasangan keramik, setelah perekat di gelar pada permukaan screed (open time) waktu rekomendasikan dalam waktu 15 menit keramik sudah terpasangkan (tidak boleh terganggu).
  • Dampak :             Apabila pada saat keramik digelar/dipasang tidak segera langsung di pasang dan melewati batas waktu yang diberikan yaitu 15 menit (open time) maka kekuatannya sudah tidak maksimal lagi / mulai menurun kandungan adhitive yang ada didalam menguap sehingga menjadi tidak maksmal

Note :   - dengan ketebalan > 3mm, maka akan berdampak terhadap pemborosan pemakaian bahan.
  • - ketebalan aplikasi juga sangat terkait dengan kerataan substrate screed yang dipersiapkan lebih dulu.


10. Saat pemasangan keramik disarankan setelah keramik diletakkan di atas perekat yang baru digelar (selama masa open time 15 menit) permukaan bagian atas keramik tersebut dilakukan pemukulan dengan menggunakan palu karet (pemadatan bahan perekat / Bond Floor) hingga bunyi pukulan tidak terasa kopong dan berfungsi sekaligus untuk menyesuaikan kerataan dengan keramik-keramik yang sudah terpasang.


11. Tidak disarankan dalam pemasangan keramik dengan menggunakan perekat (Bond Floor) dengan system perekat dioleskan atau digelar terlebih dahulu dibagian belakang permukaan keramik (kecuali keramik ukuran 60x60 atau lebih harus dioleskan dibagian belakang keramik) tanpa adanya permukaan Screed yang juga digelar perekat bahan Bond Floor.

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose