Pemasangan Bata Ringan ( Bagian Luar )


  1. wajib memasang kolom praktis setiap luasan 8m2
  2. wajib memesang stek pada setiap pertemuan dinding bata ringan terhadap kolom struktur maupun kolom praktis. idealnya setiap ketinggian 60cm
  3. wajib menggunakan NC301 dengan ketebalan aplikasi 3-5mm 
  4. wajib menyisihkan space antara bata ringan paling atas yang akan bertemu dengan balok struktur dengan ketebalan 1-2cm, dengan maksud space tersebut di isi dengan styrofoam pada bagian tengah dinding dan untuk menutupnya pada sisi bagian luar/pinggir bata di isi dengan grouting flexfill. tujuannya, agar ketika terjadi pergerakan pada struktur balok yang mengakibatkan retak, pergerakanya tidak secara langsung diteruskan ke bagian dinding bata namun masih sempat di netralisir pada bagian space 1-2cm yang sudah di isi sterofoam.
  5. tutup semua bagian pasangan bata dengan material plesteran dinding sesuai dengan ketebalan yang diinginkan NB ketebalan ideal 10-1,5cm namun untuk ketebalan lebih dari 1,5cm cara pengerjaannya dengan sistim 2kali kamprot.
  6. pada pekerjaan plesteran ini, treatment yang perlu di perhatiakan sebelum melakukan pekerjaan plester dinding yakni dengan melakukan penyiraman dahulu pada permukaan yang akan di plester. tujuannya mengikat sisi luar.
  7. tahap pekerjaan acian dinding luar, sama halnya pola treatment sebelum melakukan gelar adukan acian dinding lakuakan penyiraman pada permukaan plester terlebih dahulu. namun ada hal yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan juga.yakni pemilihan type produk acian untuk dinding luar. direkomendasikan mebggunakan SC75 atau bahkan SC200 dimana memiliki daya rekat tinggi serta proses pengeringan yang lebih lambat. tujuannya mengantisipasi terjadinya retak rambut.
  8. tahapan terakhir sebelum melakukan pengecatan setelah dinding acian berumur > dari 14 hari.

jualsemen.blogspot.co.id
jual semen mortar

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose