Cara memperkuat Struktur Plafon

Plafon merupakan bagian rumah yang berfungsi sebagai pembatas antara struktur atap dengan struktur dinding pada sebuah bangunan rumah. Struktur plafon juga harus direncanakan dengan baik karena jika runtuh bisa mencelakakan penghuni rumah.

1. Pilihlah material plafon berkualitas baik.

Banyak sekali material yang dapat digunakan sebagai plafon.Dari berbagai pilihan material tersebut,pilihlah material yang layak dan berkualitas agar plafon tidak rapuh dan tetap awet.Gypsum atau multipleks dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dijadikan material plafon rumah Anda.
2. Sesuaikan ukuran papan plafon dengan rangkanya

Rangka plafon dibuat sesuai dengan ukuran penampang papan penutup plafon dibawahnya.Ketepatan pemasangan rangka akan berpengaruh terhadap kekuatan plafon secara keseluruhan.Untuk itu,pemasangan papan penutup dan rangka plafon harus saling berkaitan dan presisi.Rangka plafon harus dapat menahan beban papan penutup plafon agar tidak mudah runtuh.

3. Perhatikan ketebalan plafon

Standar ketebalan tripleks sebagai penutup bidang plafon adalah 5 mm.Jika ketebalan tripleks lebih tipis daripada ketebalan standar tersebut,dikhawatirkan plafon akan mudah jebol.Sementara jika menggunakan gipsum,ketebalan yang dianjurkan adalah 6 - 9 mm.Usahakan penutup bidang plafon tersebut tidak terlalu berat.Jika terlalu berat,struktur pengikat (rangka)plafon akan terbebani.

4. Hati-hati saat akan naik ke plafon

Saat akan memasang instalasi listrik atau memperbaiki kebocoran,ada kalanya Anda diharuskan untuk naik ke plafon.Berhati-hatilah saat melakukannya.Sedikit kesalahan bisa berakibat fatal .
Berikut tips-tips saat akan naik ke plafon.

- Pelajari terlebih dahulu pola rangka plafon melalui gambar kerja rumah.
- Periksa titik-titik berbahaya yang biasanya ditandai dengan basahnya papan penutup plafon.
besar kemungkinan rangka diatas papan penutup plafon yang basah tersebut sudah lapuk dan mudah runtuh  jika diinjak.
-Bawalah alat penerangan yang cukup saat akan naik ke plafon karena kondisi ruang plafon sangatlah gelap.
-Saat berada diruang plafon,pastikan Anda menginjak rangka plafon dan bukan papan penutup bidang plafon.Papan penutup plafon adalah bagian yang sangat mudah runtuh jika terinjak.

Semoga Bermanfaat






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages