Menentukan lokasi Kavling The Perfect Lot

Setelah menemukan kawasan dan menentukan kebutuhan lahan yang Anda inginkan, kini saatnya untuk menemukan kavling yang paling tepat. Cara yang paling cepat untuk menemukan kavling yang tepat adalah dengan menggunakan jasa makelar tanah. Dengan menggunakan jasa makelar tanah yang biasanya dibayar dengan sistem komisi ini, Anda tinggal menyebutkan wilayah, ukuran, dan kriteria yang diinginkan, makelar kemudian akan mencarikan pilihan lahan yang sesuai dan mengantarkan Anda untuk melihat-lihat lokasi. Tetapi tanpa makelar pun, bila Anda memiliki cukup waktu dan tenaga, Anda dapat mencari kavling sendiri.

Baik dengan ataupun tanpa jasa makelar, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kavling, seperti:

- Kavling sebaiknya berada di daerah yang memiliki akses PAM dan PLN, dan berakses langsung ke jalan raya.

- Sebaiknya pilih kavling yang berorientasi timur-barat agar bangunan Anda nanti mendapatkan cukup pencahayaan alami.

- Periksa kelayakan kondisi saluran air dan drainase di lingkungan sekitar agar terhindar dari banjir.

- Jangan sampai ada jalur pipa gas atau aliran listrik tegangan tinggi di dekat kavling Anda.

- Bila kavling yang Anda inginkan bukan merupakan bagian dari suatu kompleks perumahan maka perhatikan juga kondisi tanah apakah cukup stabil untuk mencegah bahaya longsor dan hindari memilih kavling yang jauh lebih rendah dari bangunan-bangunan sekitarnya agar tidak terkena banjir dan longsor.

Selain pertimbangan kondisi-kondisi fisik di atas, Anda juga harus memastikan keamanan lingkungan sekitar. Bila Anda akan tinggal bersama-sama dengan anak-anak dalam usia pertumbuhan perhatikan juga ketersediaan ruang terbuka hijau dan lingkungan pergaulan di sekitarnya. Ada baiknya bila sebelum memutuskan membeli kavling tersebut, Anda menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan penghuni sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages