10 Inspirasi Menciptakan Taman Di Balkon Rumah

Desain Rumah - Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang. Hal ini membuat penghuninya merasa cuek dikala menginjakkan kaki di sana.

Padahal, balkon sanggup membuat kesan asri dan alami apabila ditambahkan taman.

Ya, taman minimalis di balkon sanggup membuat udara di rumah Anda terasa sejuk, apalagi kalau balkon tersebut bersebelahan dengan kamar Anda.

Kalau pagi Anda sanggup membuka pintu atau jendela lebar-lebar untuk mencicipi sejuknya udara pagi dari taman kecil di balkon.

Selain sanggup mempercantik rumah, taman minimalis ini tentunya sangat baik bagi sirkulasi udara di rumah Anda. Rumah yang baik ialah rumah yang sanggup mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udaranya lancar.

TANAMAN HIAS UNTUK BAKON RUMAH


Intinya jangan pernah membiarkan balkon di rumah Anda kosong begitu saja. Cobalah menambahkan desain taman biar terlihat lebih indah dan sedap dipengkaung mata. Anda tak perlu galau untuk menanam tumbuhan apa di balkon alasannya ialah banyak sekali jenis tumbuhan dan bunga sanggup ditanam di balkon, bahkan balkon yang sempit sekalipun. Asalkan, tumbuhan itu berupa tumbuhan hias yang tumbuh di dalam pot.

Tanaman pot bersifat mudah dan fleksibel. Letaknya mudah diubahsuaikan dengan kebutuhan. Dengan dekorasi yang pas, tanaman-tanaman dalam pot pun sanggup secantik taman di halaman.

Tanaman pot lebih mudah dirawat dan tidak mengotori balkon. Namun, Anda juga harus pilih-pilih tumbuhan pot yang pertumbuhannya tidak terlalu agresif. Pasalnya, kalau Anda menanam tumbuhan yang kasar maka Anda akan direpotkan untuk memangkas tumbuhan tersebut.

Lebih baik lagi, kalau Anda menentukan tumbuhan berupa sayur-sayuran. Jadi, selain sanggup menawarkan imbas alami pada balkon, sayur-sayuran tersebut sanggup Anda konsumsi bersama keluarga. Tak hanya itu saja, selain memerhatikan pemilihan tumbuhan yang cocok di balkon , ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan, menyerupai tata letak, ukuran tanaman, desain pot, dan lain-lain.

Berikut beberapa tips membuat taman diatas balkon.

Pemilihan Jenis Tanaman


Untuk membuat taman mini di balkon, Anda harus memerhatikan beberapa jenis tanaman. Biasanya, balkon yang sempit sangat cocok ditanami tumbuhan berbunga atau tumbuhan hias di dalam pot. Namun, Anda harus menentukan beberapa jenis tumbuhan yang tidak berulat dan minim perawatan. Di samping itu, pilihlah tumbuhan yang tidak menjalar biar taman selalu terlihat rapi dan bersih.

Anda sanggup menanaman tumbuhan kamboja dan tumbuhan rambat hijau lainnya yang sanggup membuat nuansa teduh di balkon. Tanaman hias kamboja jepang atau adenium mudah perawatannya dan sanggup tumbuh baik di dalam pot.

Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di area yang terkena sinar matahari langsung. Jadi, sangat pas untuk menghiasi balkon rumah Anda.

Bagi Anda yang tidak ingin memakai tumbuhan berbunga. Tanaman jenis merambat menyerupai mandevilla sangat cocok diletakkan di media pot. Selain itu, perawatan tumbuhan merambat harus dilkamikan minimal dua ahad sekali untuk menjaga keindahan teras di lantai dua.

Ukuran Tanaman


Kalau wacana ukuran tumbuhan tergantung selera masing-masing. Namun, Anda harus menyesuaikan luas balkon rumah Anda. Jika memang berukuran kecil, Anda harus menentukan ukuran tumbuhan yang kecil-kecil. Kalau cukup besar, ditanami tumbuhan yang besar di salah satu pojok balkon juga bagus. Yang penting jangan terlalu tinggi. Hal ini akan membuat taman Anda tidak terlihat indah, justru angker kalau dipengkaung dari luar.

Ukuran tumbuhan diubahsuaikan dengan penataanya.


Dekorasi tumbuhan sanggup dilkamikan di atas rak, yang dibentuk menjulur sepanjang 40 cm, ke luar bangunan. Rak terbuat dari rangka besi berdiameter 10 mm, dan ditambatkan di bab bawah pagar balkon. Supaya rangka besi ini berpengaruh menahan beban tanaman, rak ditempelkan ke dinding memakai dinabolt.
Desain Pot

Memilih desain pot juga tak kalah penting. Apalagi untuk warna pot itu sendiri. Lebih baik, warna pot menyesuaikan dengan pagar atau dinding balkon Anda. Sementara, desainnya, sanggup ditaruh di rak-rak pot, di tata rapi di lantai, atau di gantung. Anda sanggup menggantung pot-pot bunga di pagar atau di dinding biar taman balkon Anda terlihat lebih menawan.

Dudukan pot, sekaligus bantalan rak, Anda sanggup memakai kawat yang berukuran 2cmx2cm. Kawat tersebut diikat dengan rangka besi memakai clamp. Lubang kawat berfungsi sebagai celah, untuk mengalirkan air dari dalam pot atau air hujan.

Namun, perhatikan pula untuk lokasi penggantungan pot bunganya, jangan hingga berada di atas kepala Anda. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Soalnya, banyak orang yang cedera alasannya ialah terbentur pot tumbuhan gantung.

Pengairan dan Drainase


Harap diingat, tumbuhan di balkon membutuhkan penyiraman secara teratur alasannya ialah pot akan cepat mengering alasannya ialah berada di bawah sinar matahari pribadi dan juga embusan angin. Sebuah kran di teras balkon biasa menjadi solusi.

Air yang mengalir dari pot tumbuhan ke balkon akan menjadi biang dilema kalau Anda tidak memiliki pengaturan downpipe, yaitu pipa khusus fatwa untuk air hujan yang akan dikonversi ke dasar selokan. Anda juga harus memikirkan  kelebihan air tersebut biar tumbuhan balkon juga tidak terendam banyak air dan akarnya tidak menjadi busuk.

Pemilihan jenis tumbuhan yang tidak membutuhkan perawatan ekstra sanggup menekan permasalahan ini.

Mari Berkebun di Balkon Rumah Anda


Sulap balkon rumah Anda menjadi taman sayur yang asri. Sangat mudah membuatnya, alasannya ialah Anda hanya perlu menyediakan wadah ataupun pot tumbuhan untuk daerah bertanam.

Berikut ini beberapa tips dalam membuat taman sayur di baklon. Anda sanggup membuat sebuah taman unik sesuai dengan tumbuhan favorit berkebun Anda.

  • Gunakan jenis tumbuhan yang mudah dalam perawatannya menyerupai tomat, timun, lada, lettuce, buncis atau bayam. Anda sanggup kreatif untuk menanamya di pot dan disusun untuk menghiasi balkon rumah Anda.
  • Perhatikan ukuran pot untuk wadah tumbuhan sayur Anda. Sesuaikan dengan besar dan kecilnya tumbuhan sayuran. Contohnya tomat memerlukan wadah pot yang berukuran 18 inci, sementara lada lebih pas dengan pot berukuran kecil.
  • Sistem pengairan di dalam pot perlu diperhatikan. Sebelum ditaburi media tanam, lebih dulu berikan watu kecil-kecil atau kerikil di dasar pot.
  • Gunakan kompoas pada media tanam untuk menyuburkan tanah.
  • Sama menyerupai tumbuhan hias, Anda tetap harus melkamikan penyiraman setiap hari dan letakkan tumbuhan di daerah yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya tomat meerlukan daerah yang selalu terkena sinar matahari, sedangkan sayur bayam dan lettuce lebih baik diletakkan di daerah yang sedikit teduh. Pastikan tumbuhan sayur di balkon rumah Anda mendapatkan cahaya matahari pribadi minimal 6 jam dalam sehari.
  • Manfaatkan tralis dan pagar balkon sebagai daerah merambat dan penopang tumbuhan sayuran Anda, menyerupai tomat, timun atau buncis. 

 KUMPULAN TAMAN INDAH DI BALKON YANG INSPIRATIF

Jika balkon rumah Anda luas, sampel desain taman dibawah ini ialah ilham yang bagus. Furniture kayu yang unik sanggup Anda tempatkan diarea ini. Sambil berkebun Anda juga sanggup bersantai bersama keluarga.

 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah

Desain pot gantung yang unik sanggup membuat tampilan balkon rumah Anda menjadi keren. Anda juga sanggup membuat pajangan hias pada dinding teras balkon.
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Dengan taman yang tertata bagus sekarang teras balkon Anda sanggup lebih sejuk dan indah dengan tumbuhan yang ditanam di dalam pot. Anda sanggup menempatkan bangku untuk daerah bersantai sambil memengkaung dedaunan hijau dan bunga yang mekar warna-warni.
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Jika Anda tinggal di apartemen, dekorasi taman kecil di balkon menyerupai foto dibawah ini sanggup menjadi referensi.
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Jika Anda pecinta tumbuhan bunga hias, konsep taman balkon dibawah ini sanggup menjadi inspirasi. Warna-warni bunga yang indah menamah keindahan fasad rumah Anda.
Pemilik rumah memakai balkon rumah untuk berkebun sayuran sawi. Wadah pot memanjang sanggup menjadi konsep yang menarik.

Mengapa tidak memanfaatkan area teras balkon rumah untuk menanam sayuran. Pemilik rumah cerdas untuk memanfaatkan balkon untuk menanam tomat. Selain sanggup membuat sejuk balkon, hasil berkebun di rumah sanggup menjadi materi masakan untuk keluarga Anda. Keren, kan?
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Kesan natural dan alami tercipta dari kombinasi lantai kayu dan watu kerikil putih. Tatanan taman mungil di balkon yang indah dan cozy.
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah

Perpaduan lantai tegel dan warna putih pada dinding tercipta kesan santai pada balkon rumah ini. Deretan pot lebar berisi tumbuhan hias dan sayur sanggup menjadi pemengkaungan yang sempurna. Jangan lupa manfaatkan dinding balkon untuk menempelkan aneka pot tanaman.
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Desain taman balkon yang cantik, bukan? Pemilik rumah sangat kreatif untuk menata pot-pot tumbuhan yang diselingi dengan taman vertikal pada dinding.
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Area balkon lantai 2 akan terasa rapi dan indah dengan tatanan taman bagus menyerupai dibawah. Pemilihan desain dan ukuran pot yang berbeda-beda akan tercipta keindahan di balkon. Siapkah Anda berkebun tumbuhan hias menyerupai dibawah ini?
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Anda sanggup menggantungkan pot-pot yang dikaitkan pada pagar balkon. Taman sederhana dengan bunga matahari yang cantik.

 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
Buatlah kanopi unik pada teras balkon dan pada celah-celahnya Anda sanggup menempelkan aneka tumbuhan rambat yang membuat suasana menjadi indah. Anda juga sanggup meletakkan tumbuhan pengecap mertua dalam pot menyerupai foto dibawah.
 Balkon selalu konsepntik dengan area yang kosong dan gersang 10 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah
 Tata area balkon rumah Anda dengan pot tumbuhan yang membuat suasana menjadi sejuk.


 Taman di balkon sanggup diisi dengan aneka tumbuhan hias yang disusun vertikal menyerupai dibawah ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk membuat taman yang indah di balkon rumah Anda? Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages