Kelebihan Pemasangan Panel Lantai AAC dengan Konstruksi Besi Baja



Besi Untuk Panel Lantai

Konstruksi baja adalah cara baru untuk membangun rumah dua lantai, kelebihannya membangun rumah dengan menggunakan konstruksi baja, diantaranya :









  1. Kekuatan. 
Tidak perlu di ragukan lagi untuk kekuatan konstruksi baja di banding konstruksi beton, secara teoritis jika di hitung secara cermat dan sesuai dengan aturan standart yang berlaku, maka kekuatan struktur baja adalah sama dengan konstruksi beton. Tetapi memang masing masing konstruksi memiliki kekuarangan dan kelebihan.
  1. Kecepatan. 
Konstruksi baja lebih praktis dan efisien juga efektif dalam pekerjaannya dibanding dengan beton cor yang memerlukan proses pencetakan dan pengeringan yang memakan waktu cukup lama, sehingga kecepatan pembangunan konstruksi dengan menggunakan konstruksi baja bisa beberapa kali lebih cepat dari konstruksi beton cor.
  1. Hemat Biaya.
Penggunaan konstruksi baja juga lebih efektif dan efisien dari segi biaya contoh ketika orang membangun tiang beton cor, penggunaan papan-papan yang dipasang ketika mendirikan tiang beton tidak diperlukan pada konstruksi baja.
  1. Nilai Investasi Bangunan.
Selain hal hal tersebut diatas penggunaan konstruksi baja secara jangka panjang juga  sangat menguntungkan, jika setelah 20 tahun bangunan di bongkar masih mempunyai nilai jual yang tinggi di bandingkan konstruksi beton cor yang memerlukan biaya pembongkaran dan pembuangan puing.
Konstruksi Baja dan Panel Lantai AAC adalah Solusi Cara Hemat dan Proses Cepat Meninggikan Bangunan Rumah

Konstruksi baja sangat tepat bila dikombinasikan dengan panel lantai AAC untuk meninggikan bangunan atau untuk rumah dua lantai. Konstruksi baja sebagai kolom atau ring balok, sedangkan panel lantai AAC sebagai konstruksi lantai yang diletakan di atas struktur konstruksi baja tersebut. Lihat contoh gambar di bawah ini (kolom balok menggunakan struktur konstruksi baja yang dipasang panel lantai AAC di atasnya).

Dengan menggabungkan dua bahan bangunan "baja" dan "panel lantai AAC" proses konstruksi dalam meninggikan bangunan rumah bertingkat akan terasa lebih cepat. Selain dapat meminimalisir waktu dan biaya, menggunakan bahan konstruksi baja dan panel lantai AAC tidak harus menunggu proses pengeringan di lapangan.
Tahapan-tahapan pengerjaan konstruksi lainnya, seperti pasang keramik atau ubin, dinding dan plesteran dinding dapat langsung dikerjakan sehingga memungkinkan proses pembangunan rumah atau gedung akan cepat selesai dengan memakan waktu yang lebih singkat.
Macam-macam jenis profil baja yang sering digunakan sebagai rangka kolom balokan panel lantai AAC


Beberapa standar konstruksi Indonesia menggunakan Baja Profil. Kebutuhan konstruksi secara permanen, kokoh, dan stabil secara kualitas menjadi prioritas utama terselenggaranya pembangunan yang mapan, dan menjadi dasar misi utama proyek-proyek pembangunan konstruksi milik pemerintah. Berikut adalah jenis bahan baja utama yang biasa dipakai di Indonesia sesuai kebutuhan konstruksi.

  1. Wide Flange ( IWF ). WF biasa digunakan untuk : balok, kolom, tiang pancang, top & bottom chord member pada truss, composite beam atau column, kantilever kanopi, dll. Istilah lain: IWF, WF, H-Beam, UB, UC, balok H, balok I, balok WF.
  2. UNP (kanal U). Penggunaan UNP hampir sama dengan WF, kecuali untuk kolom jarang digunakan karena relatif lebih mudah mengalami tekuk. Istilah lain: Kanal U, U-channel, Profil U.
  3. Lipped Channel (CNP ). Biasa digunakan untuk : purlin (balok dudukan penutup atap), girts (elemen yang memegang penutup dinding misalnya metal sheet, dll), member pada truss, rangka komponen arsitektural. Istilah lain : balok purlin, kanal C, C-channel, profil C.
  4. H -  Beam. H Beam biasa digunakan untuk : balok, kolom, tiang pancang, top & bottom chord member pada truss, composite beam atau column, kantilever kanopi, dll. Istilah lain: IWF, WF, H-Beam, UB, UC, balok H, balok I, balok W..
  5. Plat Hitam. Pelat baja datang dengan berbagai standar ukuran dan tingkatan untuk memenuhi persyaratan Anda baik untuk penggunaan secara langsung, di roll atau fabrikasi. Semua produk pelat baja telah melalui protokol kontrol kualitas yang ketat. Pengunaan : pembuatan tangki, plat lambung kapal dan lainnya.
  6. Besi Siku. Kami menyediakan besi siku lobang dan besi siku biasa. Besi siku berbentuk siku sama kaki yang digunakan untuk penggunaan umum dengan ukuran mulai 50 mm sampai 250 mm. Besi Siku Lobang dapat digunakan untuk Rak Lemari, Sandaran buku,dll. Sedangkan untuk besi siku biasa dapat digunakan untuk baja struktural atau kegunaan lainnya dengan tipe yang tersedia adalah equal angle dan unequal angle. Besi siku kami diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan regional maupun internasional.
  7. Steel Pipe. Penggunaan : bracing (horizontal dan vertikal), secondary beam (biasanya pada rangka atap), kolom arsitektural, support komponen arsitektural (biasanya eksposed, karena bentuknya yang silinder mempunyai nilai artistik). Istilah lain : steel tube, pipa
  8. T-Beam (Hot Rolled). Sebuah T-beam, digunakan dalam konstruksi, adalah sebuah struktur load-bearing logam, yang berbentuk penampang T. Bagian atas T penampang berfungsi sebagai flange melawan tegangan tekan. Sedangkan Web dari balok di bawah flens berfungsi untuk melawan tegangan tarik dan untuk menyediakan pemisahan tekanan dari kekuatan tekuk. Pengunaan : balok lantai, balok kantilever (kanopi). Istilah lain : balok T.

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose