Perbandingan Harga Acian Putih TR30 VS Semen Biasa

TR-30 Acian Putih Hemat 31% daripada Acian Semen
(Acian, Cat dan Ongkos)

Untuk material hanya TR-30 masih lebih murah daripada semen dan plamir. Hemat 15%

Pasti Pilih TR-30 Acian Putih





Mortar Tiga Roda Wins Top Brand Award 2015


Indocement was voted the Top Brand for Cement and Mortar for 2015. The result in both categories is very dominant and shows the popularity and trust of our products. TR-30 Acian Putih is the number one choice for Acian Mortar in Indonesia.



Dinding Rusak oleh Banjir



Membersihkan bekas  air banjir yang keluar dari sungai kotor dan sistem pembuangan air limbah. Ketika dinding rumah kita basah karena banjir, air itu membawa bakteri dan garam yang dapat merusak plester, acian dan cat.


Bagaimana Cara Menyelamatkan Dinding dari Kerusakan. 

1. Bersihkan dinding dan lantai dengan deterjen disinfektan sesegera mungkin untuk membunuh bakteri pada permukaan. Pemutih adalah salah satu bahan kimia kuat untuk membersihkan dinding, tetapi kita harus hati-hati  dalam menangani produk pemutih tersebut karena dapat merusak bahan lain dan memiliki bau yang sangat kuat.

2. Langkah berikutnya adalah mengeringkan dinding secepat mungkin. lepaskan semua wall papper, kain dan bahan-bahan asesoris lainnya yang menempel di dinding. Bersihkan kembali dinding dengan disinfektan. 

3. Kupas cat yang menempel pada acian untuk diuji kadar airnya dengan PROTIMETER. Jika Anda tidak mempunyai alat PROTIMETER  bisa dikira-kira dengan cara menempelkan tangan pada acian tersebut sebagai panduan kasar.

4. Kupas acian dan plesternya apabila tahap pertama kadar airnya tinggi untuk memeriksa apakah batanya basah. 
5. Jika batu bata basah, kemungkinan air banjir yang terkontaminasi telah membawa bakteri dan garam ke dalam dinding dan batu bata.

6. Perkembangan mold / jamur akan terlihat dalam waktu 3-4 hari pada dinding.  Tunggu beberapa minggu dan amati sambil menunggu dinding benar-benar kering. Setelah dinding kering apabila terlihat bercak hitam/putih mengindentifikasi air membawa bakteri dan garam ke permukaan dan menunjukkan bahwa plester dan acian terkontaminasi.

7. Periksa juga apakah acian dan plester terikat dengan baik untuk batu bata. Hal ini dapat diuji dengan mengetuk-ketuk dinding dengan koin untuk mendengar jika suara padat atau berongga.

Jika ragu kupas beberapa bagian kecil acian dan plester.

8. Jika plester terkontaminasi atau tidak terikat baik tembok tersebut harus di kupas. Cuci bata dengan desinfektan dan biarkan kering. Kadar air maksimum 15% yang diukur dengan PROTIMETER sebelum Anda memplester ulang.

9. Jika plester dan acian tidak terkontaminasi maka dinding dapat dicat ketika kadar air di bawah 15%.

10. Jangan menyalakan listrik sampai semua switch dan kabel mengering.

11. Jangan menyalakan AC karena dinding yang terkontaminasi akan tumbuh jamur dalam beberapa hari dan spora bisa masuk ke  dalam filter.

12. Jamur ini merupakan jamur yang dapat menyebabkan alergi dan masalah pernapasan seperti asma.


“Banjir yang selalu berulang sebaiknya gunakan produk repair yang lebih tahan air”

Perbaikan Dinding

Bila kadar air di bawah 15% (Tunggu kira-kira 2-3 minggu). Cukup aman untuk menggantikan Plaster/Acian/Cat. Kami selalu menyarankan menggunakan mortar yang berkualitas  karena mengandung pasir berkualitas dan semen yang dicampur dengan bahan kimia yang tepat untuk kinerja yang baik.

1. Plester. tambahkan cairan waterproofing atau bonding agen cair untuk membuat plester lebih tahan air. Ikuti rekomendasi pencampuran produk atau Anda dapat menggunakan Lem Putih (3 kg untuk 40kg Plester).

2. Acian. Tunggu 2 minggu untuk Plester kering dan kemudian aplikasikan TR-30 Acian Putih untuk hasil terbaik. Tambahkan cairan waterproofing mirip dengan plester (3 kg untuk 40 kg TR-30 Acian Putih). Aplikasikan TR-30 Acian Putih dengan roskam besi atau plastik fleksibel dan gosok akhir menggunakan styrofoam atau blok karet tebal.

3. Pengecatan dapat dilakukan setelah 5 hari  kadar air < 15% (jika acian semen tradisional harus aplikasikan plamur pada lapis pertama dan menunggu 3 minggu sebelum di cat.) Jangan gunakan plamur pada TR-30 Acian Putih. Pengecatan  dapat 2 lapis cat di dalam dan 3 lapis luar. Untuk membuat dinding lebih tahan air gunakan  “Cat Eksternal 100% Acrylic" untuk cat di dalam dan di luar.

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose