Cara mencegah sebelum terjadi bencana banjir

Anda yang tinggal di daerah dengan potensi banjir tinggi perlu melakukan tindakan-tindakan antisipatif untuk mencegah banjir. Tindakan ini perlu dilakukan secara holistik oleh seluruh masyarakat di daerah tersebut.Lebih baik mencegah daripada celaka.

1. Tinggikan posisi rumah dari jalan

Jika terjadi banjir.ada kemungkinan air akan masuk ke dalam rumah Lama kelamaan rumahpun akan terendam oleh air. Untuk mengantisipasinya,Anda perlu meninggikan lantai dasar bangunan rumah Anda sehingga posisinya lebih tinggi dari jalan sekitar rumah. Desain ini setidaknya akan meminimalisasi ataupun memperlambat masuknya air ke dalam rumah.

2. Buang sampah pada tempatnya

Saluran air atau selokan didepan rumah adalah salah satu sarana untuk drainase (pembuangan air hujan).Namun,seringkali sarana ini dijadikan tempat membuang sampah. Jika sampah-sampah sudah menumpuk saluran air pasti akan tersumbat,otomatis air hujan tidak dapat terbuang sehingga akan semakin menggenang dan berpotensi banjir. Hal ini juga berlaku untuk kasus membuang sampah atau kotoran lain disungai. Untuk itu,biasakan membuang sampah pada tempatnya

3. Tanamlah pohon dirumah

Akar pohon memiliki kemampuan untuk menyerap air. Oleh karena itu rumah perlu ditanam pohon,pohon-pohon ini akan mempercepat penyerapan air hujan untuk mencegah potensi banjir.

4. Buat sumur resapan

salah satu sarana drainase air hujan yang bisa diterapkan di rumah tinggal adalah sumur resapan air. Air hujan yang berlebihan nantinya akan turun dan terserap oleh sumur resapan air ini sehingga mengurangi potensi banjir.

5. Bersihkan selokan rumah Anda seminggu sekali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages