Memperbaiki Sendiri Rangkaian Listrik di rumah

Listrik di rumah seringkali mengalami gangguan. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mendatangkan ahli listrik,penghuni rumah harus terjun langsung untuk memperbaikinya.Meskipun berbahaya,hal ini bisa dilakukan asalkan mengikuti prosedur keamanan yang benar.

1. Matikan aliran listrik dirumah.

Saat memperbaiki aliran listrik,meskipun sudah sangat berhati-hati,ada kalanya Anda mengalai kelengahan.Kelengahan ini bisa berakibat fatal,apalagi jika arus listrik masih mengalir.Untuk itu,pada saat Anda akan memperbaiki aliran listrik,matikan terlebih dahulu seluruh rangkaian listrik dirumah Anda.

Caranya adalah dengan menggeser panel pada meteran listrik ke posisi off. Pada posisi meteran off,tidak akan ada aliran listrik sama sekali dirumah. Anda pun akan lebih leluasa memperbaiki listri tanpa perlu merasa khawatir tersengat arus listrik.

2. Hindari kontak langsung dengan air.

Air mengandung elektron yang dapat menghantarkan arus listrik.Jika menyentuh air,listrik menjadi tidak stabil,menyebabkan korsleting dan bahkan bisa memicu bencana kebakaran. Untuk itu,hindari kontak langsung listrik dengan air,seperti mesin cuci.Awasi pula kebocoran atap agar air hujan tidak jatuh di instalasi listrik.

3. Gunakan sandal karet sebagai pengaman 

Listrik selalu mencari jalan terpendek untuk mengalir ke tanah.Sementara tubuh manusia dapat menghantarkan listri ketanah. Agar tubuh tidak dijadikan sebagai perantara aliran listrik,gunakan sandal karet saat Anda memperbaiki listrik.Sandal karet merupakan jenis benda yang tidak dapat menghantarkan listrik sehingga bisa meminimalisasi  Anda tersengat listrik.Hal ini juga termasuk langkah antisipasi jika Anda lupa mematikan aliran listrik terlebih dahulu saat akan memperbaiki listrik

Semoga Bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages