Menguji Kekuatan Beton Dengan Angka Pantul (Hammer Test)

Suatu alat akan menjadi bernilai di tangan orang yang benar-benar paham mempergunakannya, apalagi jika alat tersebut untuk mengukur kekuatan beton. Bayangkan jika hasil pengukuran kekuatan beton berbeda akibat kesalahan orang yang tidak paham mempergunakan alat tersebut?
Mengetahui kekuatan suatu konstruksi bangunan merupakan hal penting, Baca Mengapa Beton Perlu Diuji?Salah satu pengujian beton non destructive test salah satunya dengan alat palu beton atau sering disebut hammer test.
Hammer Test
Gambar. Pelaksanaan Uji Angka Pantul (Hammer Test)
Sebenarnya, langkah-langkah uji pantul sederhana yaitu:
1. Tentukan point yang akan diuji, lakukan 10 kali tembakan pada titik yang  berbeda (disekitar point tersebut)
2. Catat nilai hammer testnya
3. Ambil rerata dari kesepuluh nilai tembakan tersebut, kemudian angka pantul yang kurang atau lebih dari 7 harus dihapus (Nilai yang diperoleh belum terkoreksi).
4. Kemudian ambil nilai koreksi penambahan atau penggurangan sesuai jenis alat hammer test yang digunakan (masing-masing alat mempunyai jenis berbeda, sehingga mempunyai nilai koreksi yang berbeda pula)
5. Setelah dilakukan koreksi terhadap nilai-nilai tersebut, kemudian hitunglah reratanya
6. Nilai rerata itulah nilai hasilnya
Tata cara pemilihan lokasi tembakan hammer test dapat anda baca pada SNI 03 4803 1998  Metode Angka Pantul Beton Yang Sudah Mengeras dan SNI 03 4430 1997  Metode Pengujian Kuat Tekan Elemen Struktur Beton Dengan Alat Palu Beton Tipe N dan NR . Kedua Standart tersebut saya lampirkan pada halaman Rak Kode.
Note : Jadilah pembaca yang baik, jika anda menganggap tulisan saya bermanfaat silahkan dicopy atau anda sebar luaskan. Tentunya tetap mencantumkan sumbernya. Hargailah kekayaan intelektual seseorang, maka orang lain pun akan menghormati anda. Jika anda suka dengan tulisan saya mohon klik suka atau like pada blog ini, apresaiasi anda mendorong semangat saya untuk terus menulis.
Demikian tulisan singkat mengenai menguji kekuatan beton dengan angka pantul (hammer test)
Semoga bermanfaat
Sumber :
SNI 03 4430 1997  Metode Pengujian Kuat Tekan Elemen Struktur Beton Dengan Alat Palu Beton Tipe N dan NR
SNI 03 4803 1998  Metode Angka Pantul Beton Yang Sudah Mengeras.
sumber : dwikusumadpu.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages