Cara Menghitung pembesian - Kebutuhan Panjang Besi begel / Sengkang

Perhitungan mengenai kebutuhan panjang penulangan, sebenarnya sangat sederhana, meskipun sederhana tetapi perhitungan ini merupakan dasar yang sangat penting. tulisan ini saya dedikasikan untuk adik-adik yang baru mengenal perhitungan konstruksi.
penulanganGambar 1. Potongan melintang sebuah kolom
Sebagai contoh sebuah kolom dengan dimensi 15 cm x 15 cm dengan tebal selimut beton 2 cm menggunakan diameter besi sengkang (begel) 8 mm, maka berikut kebutuhan panjang besi sengkang (begel)nya:
Kait dan Tekukan
Gambar 2. Penulangan Kait dan Tekukan
= 4 * ((lebar sisi kolom) – (tebal selimut beton)) + 4 * (panjang tekukan pada empat sudut dengan rumus 2,5 * diameter tulangan yang dipakai) + 2 (panjang kait dengan rumus 6 * diameter tulangan yang dipakai)
= 4 * ((15-4)) + 4 *(2,5 *0,08) + 2 * (6 * 0,08)
= 44 + 0,8 +0,96
= 45,76 cm untuk 1 sengkang atau 1 begelnya.
 Untuk jumlah begel bergantung dengan panjang kolom atau balok dan jarak sengkang atau begel tersebut. Dengan perhitungan Panjang Kolom atau balok dibagi dengan jarak sengkang.
Demikian, semoga bermanfaat.
Note : Jadilah pembaca yang baik, jika anda menganggap tulisan saya bermanfaat silahkan dicopy atau anda sebar luaskan. Tentunya tetap mencantumkan sumbernya. Hargailah kekayaan intelektual seseorang, maka orang lain pun akan menghormati anda. Jika anda suka dengan tulisan saya mohon klik suka atau like pada blog ini, apresaiasi anda mendorong semangat saya untuk terus menulis.
Calculation of the length needs reinforcement, is actually very simple, although this calculation is a simple but very important foundation.
“>For example, a column with dimensions of 15 cm x 15 cm by 2 cm thick concrete covers using diameter steel stirrups (confined steel) 8 mm, the length of the following requirements
“>= 4 * ((15-4)) + 4 * (2.5 * 0.08) + 2 * (6 * 0.08)
 “>= 45.76 cm to 1 or 1  stirrups.
To calculate number of stirrups dependent columns or beams of length and spacing of the stirrups.
sumber : dwikusumadpu.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages