PURGING DALAM WELDING STAINLESS STEEL

 Biasanya kalau kita melakukan pengelasan stainless steel , titanium atau material tahan korosi lainnya selalu melakukan purging atau infuse istilah lapangannya… Apa sih yang diinfus…? ( kayak orang sekarat aja …)
Sebenanrya tujuan utama dari purging adalah mempertahankan sifat ketahanan korosi material selama pengaruh panas welding tetap prima dan tokcer .
Sebagaimana kita ketahui pada waktu welding terjadi pemanasan yang dapat merubah sifat dari material. Pengelasan SS terjadi peristiwa oxidasi apabila lingkungan disekitarnya mengandung oksigen ( H2O jadi H2 dan O2 ). Nah peristiwa inilah yang harus dihindari. Biar nggak ada O2 ya lingkungannya harus dibuat bebas oksigen dengan mengalirkan gas inert spt Argon.
Memangnya kalau ada oxigent apa pengaruhnya sihhh…..?

Apabila material tahan korosi memiliki surface yang mengalamai oksidasi maka otomatis keberadaan oxidasi ini akan menurunkan ketahanan korosinya sehingga diperlukan treatment lainnya untuk meningkatkan kembali sifat ketahanan korosinya. Namun ada kalanya hal ini tidak bisa lgi dilakukan karena acces terhadap object tersebut hanya dalam satu sisi. ( welding pipe ) Bagaimana cara menginfus / mempurging …?
Biasanya kalau dilapangan kedua ujung pipa diberi isolasi atau tape atau busa yang rapat pori porinya. Intinya nggak boleh ada keluar masuk udara sehingga oksigen tidak ada dilingkungan welding tsb. Ke dua ujungnya lalu diperi lubang untuk memasukkan gas Argon ( Nitrogen juga OK ) tadi. Setelah itu baru dialirkan gas argon dengan kecepatan yang perlahan sehingga tidak terjadi turbulences. Sampai dipastikan bahwa gas oksigen yang ada sudah keluar semuanyadi dalam chamber purging ini. Biasanya banyak Ar gon yang terbuang karena pemakainnya nggak terkontrol dan yang memasukkannya juga nggak tahu dan mau cepat cepat selesai. Tugas Eng untuk memberikan masukan yang tepat terhadap penagliran gas ini. Sedangkan untuk daerah gap yang akan di weld juga harus di seal dengan bahan seal yang bebas dari halogen, karena unsur halogen spt clorine akan membuat material jadi britle. Beberapa project meminta oksigen content ( Oxigen indicator dalam ppm ) selama pengelasan material korosi ini untuk menentukan effectivitas dari purging.
Berapa kecepatan gas purging di perlukan…?
Berapa cepatnya kecepatan gas tergantung dari volume daerah isolasi purging. Biasanya bisa dengan memperkirakan kecepatan pengusiran oksigen dalam chamber. Dan juga harus dipastikan tidak ada kemungkinan gas dari luar mau masuk kedalam chamber.
BERAPA LAMA PERLU PURGING ?

 Kalau kita mau mengelas pipa yang tebal yang mungkin bisa 30 pass apakah harus dipurging sampai cappinya…? Dalam beberapa teory welding ..purging cukup dilakukan sampai thickness weld deposit 8 ~ 12 mm dan ini tergantung juga dengan WPS dan lingkungan kerja yang terjadi selama pengelasan. Preheating untuk menghindari pembentukan chrome carbides dianjurkan dan kandungan sisa oksigen di bawah 100 ppm.
Kalau kita bisa mempurging dengan baik maka sudah pasti hasil pengelasan barang tahan korosi ini juga akan semakin tinggi qualitasnya… Kebiasaan dilapangan yang tidak peduli dengan quality karena ketidak tahuan, atau karena lack of Quality awareness dll harus dibuang.
Semoga bermanfaat.
www.hazwelding.wordpress.com, api-iws.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages