Cara membuat dinding melengkung untuk menambah keindahan rumah



Anda menginginkan tampilan rumah yang tidak polos dan membosankan? Namun, Anda juga bukan tipe orang yang senang menggunakan ornamen interior berlebihan. Jika demikian, dinding melengkung mungkin bisa jadi jawaban dari kebutuhan Anda.

Dinding melengkung memberi sentuhan lain pada bangunan rumah. Rumah yang biasanya terlihat kaku dengan sisi-sisi lurus dan sudut-sudut tajam, dapat terlihat lebih bersahabat dengan sedikit lengkungan pada dinding. Selain itu, dinding melengkung juga memberi kesan klasik dan elegan. Membuat lengkungan tidak perlu dilakukan secara besar-besaran di dinding-dinding utama bangunan, Anda juga dapat melakukannya pada dinding penyangga tangga Anda.

Bagaimana cara membuat dinding melengkung pada hunian Anda?
  • Untuk membuat lengkungan pada dinding, yang paling utama diperlukan adalah framingFrame atau rangka menjadi penting untuk mempertahankan bentuk lengkungan yang kita coba buat. Rangka tersebut juga tentunya untuk menyangga agar dinding Anda tetap berdiri kokoh dan tegak.

  • Setelah itu, kita harus membuat dudukan untuk bagian atas dan bawah dari kayu plywood berukuran ¾ inci. Gandakan kayu lapis hingga setebal 1-1/2” untuk dudukan tersebut. Lebar kayu lapis tergantung pada pembingkaian, misalnya 2x3, 2x4, dll. Atur letak dudukan ini sebagai berikut; katakanlah perhitungan kasar untuk jari-jari bagian luar dinding adalah 24", maka gambarlah lengkungan pada kayu plywood, kemudian kurangi lebar pembingkaian untuk mendapatkan jari-jari di bagian dalam, misalnya 3-1/2" untuk 2x4, kemudian gambarlah lengkungan (20-1/2") pada kayu lapis dari titik pusat yang sama. Sudut lengkungan akan menentukan panjang dinding. Selanjutnya Anda dapat memotong garis lengkung tadi dengan gergaji.

  • Setelah dudukan selesai dibuat, pasang dudukan ini di bagian atas dan bawah kerangka yang sudah ada, dengan cara memakunya. Tentukan sendiri berapa banyak kerangka yang Anda perlukan, disesuaikan dengan besar sudut dan banyaknya lengkungan yang diinginkan. Semakin banyak ruas rangka yang dipasang, semakin baik.

  • Setelah selesai membuat rangka, kini saatnya Anda membuat dinding secara keseluruhan. Kami dapat menyarankan agar anda menggunakan batu bata untuk pemasangan yang lebih mudah dibandingkan blok beton, dan kualitas dinding yang lebih kokoh dibandingkan menggunakan plasterboard. Pasang bata ringan sesuai dengan rangka garis lengkung yang telah anda buat tadi. Sebagai panduan, ikuti langkah-langkah dalam artikel Cara Memasang Bata ringan yang Baik dan Cara Pasang bata Ringan di sudut  bangunan.

  • Untuk hasil yang lebih rapi dan proses pengerjaan lebih cepat, Anda dapat menggunakan (Perekat Bata & Plester). Selain cara pemakaiannya lebih mudah, dinding Anda juga terhindar dari retak rambut di kemudian hari. Selamat mencoba!  
·         Source: http://www.hebelindonesia.com

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose