CARA MEMAHAMI MATA KULIAH TEKNIK SIPIL



 Baiklah dalam kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana sih memahami setiap mata kuliah yang ada di teknik sipil, sebenarnya tidak hanya menjurus ke mata kuliah teknik sipil saja sodara namun karena blog rangkumantekniksipil.blogspot.com membahas tentang teknik sipil maka judul artikel ini saya tulis demikian,bisa diterapkan dalam semua mata perkuliahan sebenarnya.

Dalam penulisan ini saya telah berhasil mewawancarai salah satu mahasiswa dan kebetulan juga senior saya yang mengambil progam study Bimbingan Konseling di Universitas PGRI Semarang, jadi saya tidak semata mata menulis ini, Mungkin langsung saja masuk dalam materi cara memahami setiap mata kuliah di teknik sipil?

 1. PAHAMI DULU DOSENNYA 

Berbagai macam karakter dosen sangat perlu atau penting untuk memahami dahulu karakter dosen kita , hal ini akan sangat fatal akibatnya bila kita bertolak belakang dengan dosen kita agar menjadi suatu titik kenyamanan dalam proses belajar mahasiswa harus bisa menuruti atau memahami karakter dosen,kekurangan dari kita atau dari dosen agar bisa saling melengkapi sehingga proses pembelajaran yang aktif dan produktif dikelas, semisal karakter dosen yang serius jadi rekan rekan jangan sekali sekali bercanda atau malah ketawa saat dosen lagi serius , jadi intinya membawa diri saja saatnya bercanda bercanda dan saatnya serius serius.

 2. PAHAMI TUJUAN AKHIR KULIAH 

Memahami tujuan akhir kuliah , sama halnya kamu memahami setiap mata kuliah yang telah diberikan oleh dosen , maksudnya disini adalah apa sih sebenarnya tujuan kamu mengikuti perkuliahan yang diberikan oleh dosen kamu? Jadi semua harus terkonsep dengan jelas agar kamu tidak salah arah. Hal ini sepele namun bila kita terlalu menyepelekan akan menjadi masalah yang sangat besar , masak iya sih kamu tidak tahu tujuan kamu mengikuti mata kuliah tersebut, itukan lucu bin lucu hehe,, karena kamu telah membuang waktumu selama 1 semester ya sekitar 6 bulanan lah, kamu berangkat dan tak tahu tujuannya apa.

3. SIAPKAN REFERENSI 

 “Pisau adalah senjata paling tajam untuk memotong daging”, begitulah pepatah yang sekiranya sama untuk bahasan yang ketiga ini ya “Persiapan adalah senjata paling tajam untuk menyukseskan perkuliahanmu, persiapan ibaratkan satu paket dengan pemahaman, percaya tidak percaya ketika kamu sudah melaksanakan persiapan , cari cari referensi yang ada diperpustakaan atau browsing diinternet sekarang kan sudah canggih jamannya, masak mau duduk diam aja menunggu dosen memberikan perkuliahan itu sama saja kamu anak SD gan, yang harus disuapi ilmunya,, ingat kalian,kita dan saya sudah MAHASISWA, dimanapun berada disitulah kita belajar, jadi sebelum perkuliahan dimulai sodara malamnya cari carai deh materi tentang perkuliahan besok.

4. ATUR JADWAL BELAJAR 

Satu hal yang paling membuatmu akan lebih disiplin dalam memahami ilmu ilmu yang telah sodara dapatkan dari dosen dan lain sebagainya yakni mengatur jadwal belajar , jadi managemen sodara tertata dengan rapi dan apik sehingga semuanya akan menjadi lebih mudah dan nyaman , bila managemennya kurang bagus pasti akan semperwut tidak karuan , bisa jadi kesalahan bawa buku lah, tugas lupa dikerjakan lah, dan lain sebagainya.

5. TARGET AKHIR KULIAH 

Sebenarnya yang akan kamu cari apa sih, baiklah kita bicara perkuliahan dalam 1 semester dahulu kita berangkat pagi dan masuk ruangan duduk kegiatan seperti itu terus selama 1 ssemester , sebenarnya tujuan akhirnya apa sih?? Disisi mendapatkan nilai yang memuaskan pastinya kita juga harus bisa nenguasai dan memahami seluruh materi perkulihan selama 1 semester, percuma kan kita mendapatkan nilai A, namun kita ditanya sederhana saja kita tidak tahu, itu suatu hal yang perlu dipertanyakan pastinya,jadi targetkan akhir perkuliahan sodara agar lebih semangat dan terpacu untuk selalu melakukan hal yang terbaik.

Baiklah mungkin itu hasil wawancara saya dengan kakak tingkat saya di progam study BK atau Bimbingan Konseling , semoga bermanfaat dan terima kasih pula ilmunya yang telah bisa menginspirasi banyak orang , semoga ilmu ini akan membuat kita sebagai mahasiswa menjadii lebih baik lagi.

Postingan populer dari blog ini

Contoh cara perhitungan struktur perencanaan jembatan prategang / cable stayed (STRUKTUR ATAS)

Teknik Finishing dinding dengan Beton expose